4 Bahaya Mie Instan

4 Bahaya Mie Instan

KICAUQQ – 4 Bahaya Mie InstanBahaya mie instan berasal dari kandungan bahan di dalamnya, seperti garam dan monosodium glutamat (MSG).

4 Bahaya Mie Instan

Anda hanya perlu merebus mie dengan air mendidih dan mencampurnya dengan bumbu yang telah tersedia.

Berbagai Risiko dan Bahaya Mie Instan

Sementara itu, kandungan protein, serat, vitamin, dan mineral dalamnya cukup rendah.4 Bahaya Mie Instan

Hal ini tentu berdampak pada kurangnya asupan nutrisi dalam tubuh.

Selain itu, ada beberapa risiko dan bahaya mie instan lain yang dapat Anda alami bila mengonsumsi mie instan secara berlebihan, antara lain:

1. Gangguan pencernaan

Mie instan sebenarnya merupakan jenis makanan yang tidak mudah dicerna, sehingga membuat kerja sistem saluran cerna menjadi lebih berat. Bila dikonsumsi terlalu sering atau terlalu banyak

2. Tekanan darah tinggi

Bumbu yang digunakan di dalam mie instan biasanya memiliki kandungan garam atau natrium yang tinggi. Di dalam satu kemasan mie instan terkadnung sekitar 890 mg natrium.

3. Penyakit jantung

Mie instan juga menggunakan MSG (monosodium glutamat) untuk meningkatkan rasa menjadi lebih gurih. Kandungan MSG dan natrium yang tinggi di dalam mie instan tidak hanya dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, tetapi juga memicu berbagai gangguan pada jantung.PKV

4. Gangguan ginjal

Terganggunya fungsi ginjal dapat menyebabkan penumpukan natrium dan cairan di dalam tubuh. Hal ini memicu terjadinya pembengkakan pada kaki serta penumpukan cairan di sekitar jantung dan paru-paru.

BPA dapat mengganggu cara kerja hormon dan memengaruhi perkembangan otak pada bayi dan anak-anak. Sementara pada orang dewasa, kandungan tersebut dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung dan kanker.

Tips Mengolah Mie Instan

Jika mempertimbangkan kandungan nutrisi dan bahaya mie instan, sebaiknya Anda mulai membatasi konsumsi mie instan. Namun, jika Anda ingin mengonsumsi mie instan sekali-kali, ada beberapa upaya untuk meningkatkan nilai nutrisi dalam sajian mie instan sehingga menjadi lebih sehat.

Untuk membuat mie instan yang sehat, Anda dapat menambahkan telur, ayam, jamur, wortel, brokoli, maupun sayur ke dalam semangkuk mie instan.

Jika memungkinkan, jangan gunakan seluruh bumbu yang tersedia.

Meski demikian, Anda juga harus tetap memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh dengan mengonsumsi makanan bernutrisi. Selain itu, selalu jaga kesehatan tubuh dengan berolahraga secara rutin dan tidak merokok.

Jika Anda sering makan mie instan, sebaiknya mulailah kurangi konsumsinya agar terhindar dari bahaya mie instan terhadap kesehatan. Bila perlu, berkonsultasilah dengan dokter untuk mengetahui pola makan yang lebih sehat dan sesuai dengan kondisi dan kebutuhan Anda.4 Bahaya Mie Instan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *