Kurangi Limbah, Ini 5 Alternatif Pembalut Sekali Pakai yang Bisa Dicoba!

Kurangi Limbah, Ini 5 Alternatif Pembalut Sekali Pakai yang Bisa Dicoba!

Kurangi Limbah Pembalut, Berita KicauQQ – Pembalut sekali pakai memang masih menjadi pilihan bagi sebagian besar perempuan ketika menstruasi. Selain praktis, produk ini memang terasa nyaman digunakan karena sudah merupakan kebiasaan. Tapi tahukah kamu, ternyata limbah pembalut sekali pakai menyumbang angka pencemaran lingkungan yang sangat tinggi.

Menurut data dari sustaination.id, sampah pembalut di Indonesia bisa mencapai 26 ton setiap hari lho! Maka dari itu, sudah saatnya kita mulai beralih ke alternatif pembalut sekali pakai yang sifatnya lebih ramah lingkungan girls.

Kurangi Limbah dengan pilihan alternatif di bawah ini

Kurangi limbah selain bisa lebih mencintai lingkungan, pastinya jadi lebih hemat dan sehat juga kan? Yuk langsung aja simak rekomendasinya!

Period Panties atau Menstrual Panties

Kurangi Limbah, Ini 5 Alternatif Pembalut Sekali Pakai yang Bisa Dicoba!

Seperti namanya, produk ini merupakan celana dalam khusus ketika menstruasi girls. Di area bawahnya terdapat 4 lapisan teknologi clothing yang membuat celana ini anti tembus meski menstruasi sedang deras girls. Selain itu, produk ini pun biasanya dilengkapi dengan sifat antimikroba sehingga kulit area kewanitaan akan tetap sehat.

Model dari period panties pun kini sangat beragam dan dapat dipilih sesuai seleramu seperti hiphugger, high waist, bikini, shorty dan masih banyak yang lainnya. Kalau menurut fungsinya ada model boyshort yang cocok ketika menstruasi sedang deras. Sementara model cheeky yang coock digunakan saat darah menstruasi sudah tak terlalu banyak.

Menstrual Cup

Kurangi Limbah, Ini 5 Alternatif Pembalut Sekali Pakai yang Bisa Dicoba!

Alternatif pembalut yang lagi hits belakangan ini adalah menstrual cup nih girls. Produk ini merupakan silikon medical grade yang aman dengan bentuk seperti corong yang dapat menampung darah menstruasi.

Bagi sebagian perempuan Indonesia, mungkin penggunaan menstrual cup terasa menyeramkan dan tak nyaman karena harus dimasukkan ke dalam vagina. Main QQ Online Yuk!

Namun, setelah beberapa waktu, kamu akan mulai terbiasa karena menstrual cup dapat dengan mudah mengikuti ukuran vagina. Menstrual cup dapat digunakan hingga 12 jam dan dapat menampung 30 militer cairan. Setelah digunakan, kamu harus mencuci menstrual cup hingga bersih dan steril untuk memakainya kembali. Satu buah menstrual cup dapat digunakan dalam waktu 6-10 bulan lamanya.

Wah, pastinya lebih hemat dan mengurangi limbah pembalut ya kan?

Menstrual Disc

Kalau kamu sudah andal dalam penggunaan menstrual cup dan ingin mencoba produk yang terasa lebih nyaman, menstrual disc bisa jadi pilihan nih girls. Menstrual cup dan menstrual disc memiliki cara kerja yang sama yakni menampung darah menstruasi.

Hal yang membedakan adalah letak penggunaan kedua produk ini, menstrual cup biasanya dipasang pada bagian ujung liang vagina atau serviks. Sementara menstrual disc diletakkan pada bagian vaginal fornix yang letaknya lebih dalam. Meski terdengar sulit, penggunaan mesntrual disc akan terasa lebih nyaman dan dapat mengurangi keram perut ketika menstruasi lho! Menstrual disc dapat digunakan hingga 12 jam lamanya.

Menstrual Sponge

Beralih ke alternatif selanjutnya, ada menstrual sponge yang dibuat dari sea sponge nih girls. Sesuai namanya, produk ini memiliki tekstur dan bentuk seperti spons yang higienis dan antimikroba sehingga aman untuk kesehatan kulit dan organ kewanitaan. Menstrual sponge ini diklaim dapat menyerap cairan dengan sangat baik dan dapat digunakan hingga 12 jam.

Tapi sayangnya, dibalik kelebihan menstrual sponge masih banyak kekhawatiran mengenai produk ini. Karena diambil dari alam, dikhawatirkan sea sponge mengandung pasir, bakteri atau jamur yang menjadi penyebab penyakit kewanitaan.

Menstrual Pads

Rekomendasi sebelumnya memang memiliki cara penggunaan yang terbilang unik dan baru. Tapi kalau kamu khawatir merasa tak nyaman dan sudah terbiasa banget dengan bentuk pembalut biasa, menstrual pads bisa menjadi alternatif yang tepat nih.

Produk ini merupakan kain katun dengan daya serap tinggi yang berbentuk seperti pembalut. Di bagian sampingnya terdapat sayap yang dapat dikacingkan sebagai pengait ke celana dalam girls. Menstrual pad dapat digunakan 3-4 jam sekali saja, karena jika terlalu lama digunakan Ia dapat menjadi sarang bakteri. Setelah digunakan, kamu dapat mencucinya hingga bersih, lalu menjemurnya di bawah sinar matahari supaya lebih steril.

Kekurangan menstrual pads, adalah proses mencuci yang terbilang sulit karena terkadang darah menstruasi sulit dihilangkan. Selain itu, bahan kainnya mudah rusak. Namun meski begitu, penggunaan menstrual cup jadi salah satu langkah yang sangat baik untuk mencintai lingkungan girls.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *