Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan

Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan

KICAUQQ LOUNGE
Manfaat teh hijau bagi kesehatan telah di percaya sejak dulu. Teh hijau bahkan di sebut-sebut sebagai salah satu minuman paling sehat di dunia dan di yakini dapat mencegah berbagai jenis penyakit. Tak hanya itu, masih banyak manfaat teh hijau lain yang dapat Anda peroleh.

Teh hijau berasal dari daun tumbuhan Camellia sinensis. Minuman ini telah di gunakan sebagai salah satu metode pengobatan di Jepang dan Tiongkok selama berabad-abad. Proses pengolahan teh hijau lebih singkat daripada jenis teh lainnya, seperti teh hitam, sehingga kandungan nutrisi dan antioksidan di dalamnya masih terjaga.

Mencegah penyakit jantung koroner

Penyakit jantung dan pembuluh darah merupakan penyebab kematian tertinggi di dunia. Sebuah riset menunjukkan bahwa mengonsumsi teh hijau dapat menurunkan kolesterol total, kolesterol jahat (LDL), serta tekanan darah tinggi yang menjadi penyebab terjadinya penyakit jantung.

Selain itu, teh hijau juga mengandung polifenol yang dapat membantu menjaga pembuluh darah tetap lentur dan bersih, sehingga terjadinya penyakit jantung koroner bisa berkurang.

Mencegah stroke

Mengonsumsi teh hijau secara teratur terbukti menawarkan segudang manfaat kesehatan, salah satunya mengurangi risiko terkena stroke. Berkat kandungan polifenol di teh hijau, rutin mengonsumsinya di ketahui dapat meningkatkan fungsi pembuluh darah. Dengan begitu, aliran darah menjadi lebih lancar.

Orang yang memiliki riwayat stroke juga di sarankan rutin mengosumsi teh hijau untuk menurunkan risiko terjadinya komplikasi, bahkan kematian, akibat stroke.

Menurunkan kolesterol

Kolesterol tinggi sering di kaitkan dengan berbagai penyakit kronis. Hal ini dapat di cegah dengan rutin mengonsumsi teh hijau. Selain mencegah peningkatan kadar kolesterol, konsumsi teh hijau secara rutin juga dapat menurunkan kadar kolesterol.

Manfaat ini di dapatkan dari kandungan katekin yang ada di dalam teh hijau. Namun, mekanisme pasti katekin dalam menurunkan kolesterol masih belum di ketahui, sehingga penelitian lebih lanjut masih di perlukan.

Menghambat pertumbuhan sel kanker

Polifenol merupakan salah satu antioksidan yang terkandung di dalam teh hijau. Senyawa ini dapat menghambat pertumbuhan berbagai jenis sel kanker, seperti kanker kulit, kanker paru-paru, kanker lambung, dan kanker payudara.

Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan efektivitas teh hijau dalam mencegah kanker.

Mencegah diabetes

KICAUQQ
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kandungan kafein yang ada di dalam teh hijau dapat meningkatkan kerja insulin dan menjaga kadar gula darah penderita diabetes tetap normal. Pada orang yang sehat, efek ini bisa mencegah terjadinya resistensi insulin dan mengontrol kadar gula darah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *